Dispenduk Capil Jember Sudah Keluarkan 12 Ribu Surat Keterangan Pengganti E-KTP

Sejauh ini dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Jember sudah mengeluarkan sedikitnya 12 ribu surat keterangan pengganti KTP Elektronik. Sebab hingga hari ini Dirjen Dukcapil Kemndagri belum mengirimkan blanko E-KTP ke daerah.

Kepala Dispenduk Capil Jember Arief Cahyono menjelaskan, akibat tidak tersedianya blanko E-KTP, seluruh Dispenduk se Indonesia diperintahkan untuk menerbitkan surat keterangan pengganti E-KTP. Sampai hari ini menurut Arief, Dispenduk Capil sudah mengeluarkan sedikitnya 12 ribu surat keterangan.

Meski sebelumnya Dirjen Dukcapil Kemendagri berjanji mengirimkan blanko E-KTP secara bertahap mulai bulan Februari, namun informasi terakhir sampai saat ini blanko E-KTP masih dalam proses cetak. Sehingga kemungkinan baru awal April blanko tersebut bisa dikirimkan ke daerah.

Lebih jauh Arief mengingatkan, agar masyarakat yang saat ini memegang surat keterangan pengganti E-KTP memeriksa kembali tanggal berlakunya. Sebab jika sudah 6 bulan, surat keterangan tersebut harus diperpanjang di kantor Dispenduk Capil.

(542 views)