OJK Diminta Dorong Lembaga Perbankan Salurkan Kredit Usaha Mikro

Anggota komisi XI DPR RI Muhammad Nur Purnamasidi minta Otoritas Jasa Keuangan mendorong lembaga perbankan, berinovasi untuk menyalurkan kredit permodalan kepada usaha mikro. Hal ini disampaikan Purnamasidi dalam seminar nasional literasi keuangan di aula hotel panorama Sabtu siang.

Menurut Purnamasidi, sampai hari ini lembaga perbankan masih belum bersahabat dengan usaha mikro. Bantuan usaha kecil baru dilakukan oleh pemerintah melalui penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR, dengan tingkat suku bunga 9 persen. Sementara perbankan hanya menyalurkan kreditnya untuk usaha menengah dan besar saja.

Karena itu Purnamasidi minta OJK selaku pengawas perbankan, mendorong agar lembaga perbankan berinovasi memberikan bantuan kredit permodalan untuk usaha mikro. Sebab usaha mikro terbukti menjadi salahsatu sektor paling mampu bertahan disaat terjadi krisis ekonomi.

Lebih jauh Purnamasidi menjelaskan, berdasarkan data nasional tingkat non performance loan atau NPL usaha mikro hanya 0,39 persen. Kredit macet justru kerap terjadi pada sektor usaha menengah dan atas. Atas dasar ini mestinya perbankan lebih berani berinovasi untuk menyalurkan kredit permodalan bagi kelompol usaha mikro.

(408 views)