PDAM Targetkan Tahun 2025 Seluruh Kecamatan Bisa Terlayani Air Bersih

PDAM Jember selama ini baru mampu melayani 9 dari 31 kecamatan yang ada. Ditargetkan tahun 2025 mendatang seluruh kecamatan sudah terlayani, atau setiap tahun cakupan wilayah pelayanan PDAM Jember bertambah minimal 2 kecamatan.

Direktur utama PDAM Jember Ady Setiawan menjelaskan, tahun 2019 mendatang pemerintah pusat akan mulai mencanangkan progam 100-0-100, yang artinya 100 persen masyarakat memiliki akses air bersih, 0 persen perkampungan kumuh dan 100 persen terlayani jaringan PDAM.

Untuk mencapai target tersebut lanjut Ady, pihaknya harus segera melakukan percepatan pembangunan infrastruktur yang anggarannya bisa berasal dari penyertaan modal pemerintah daerah, hibah dari pemerintah pusat atau bantuan dari luar negeri.

Penyertaan modal dari pemerintah daerah menurut Ady sangat mungkin dilakukan, seiring dengan turunnya peraturan menteri dalam negeri yang menyatakan bahwa pendapatan yang berasal dari perusahaan daerah dengan wilayah pelayanan dibawah 50 persen, harus dikembalikan lagi untuk pengembangan perusahaan daerah.

Untuk PDAM Jember sendiri wilayah cakupannya masih dibawah 15 persen. Sehingga pendapatan daerah dari PDAM setelah disetor ke kas daerah, mestinya dikembalikan lagi untuk pengembangan pelayanan PDAM.

(413 views)