Sidak Narapidana Untuk Antisipasi Jaringan Narkoba Dalam Lapas

Menindaklanjuti indikasi adanya 39 lapas di Indonesia sebagai sarang jaringan narkoba internasional yang masih aktif beroperasi, lapas klas 2A Jember Senin malam melakukan penggeledahan terhadap seluruh narapidana.

Kepala lembaga pemasarakatan klas 2A Jember Tejo Herwanto menjelaskan, meski sudah sering dilakukan penggeledahan Senin malam pihaknya kembali melakukan penggeledahan terhadap sedikitnya 600 orang narapidana. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti informasi tentang adanya narapidana di 39 lapas, yang masih aktif mengendalikan jaringan narkoba internasional.

Alat komunikasi menurut Tejo menjadi salah satu target penggeledahan. Sebab hanya dengan alat komunikasi para narapidana bisa berkomunikasi dengan jaringan narkoba di luar lapas. Namun dala penggeledahan yang dilakukan Senin malam petugas lapas tidak berhasil menemukan satupun alat komunikasi yang dipegang oleh narapidana.

lebih lanjut tejo menjelaskan, penggeledahan terhadap narapidana ini akan terus dilakukan sewaktu-waktu minimal 7 kali dalam seminggu. sebab penyelundupan alat komunikasi ke dalam lapas sangat mungkin dilakukan oleh para pengunjung.

(412 views)