Pengembangan Stasiun Kereta Diharapkan Tidak Menghapus Keberadaan Transportasi Tradisional

Para penyedia jasa transportasi tradisional ojek dan becak di kawasan stasiun, meminta PT. KAI Daop 9 Jember tidak meninggalkan transportasi tradisonal yang merupakan mata pencaharian mereka, dalam perencanaan pengembangan kawasan stasiun.

Ahmad salah satu tukang becak di stasiun Jember mengatakan, rencana pengembangan kawasan stasiun sebenarnya baik, untuk meningkatkan fasilitas pelayanan terhadap penumpang. Tetapi Ahmad berharap jangan sampai kemudian menghapus jasa transportasi ojek dan becak di kawasan stasiun.

Ahmad khawatir pengembangan stasiun nantinya justru menyebabkan tidak ada tempat untuk transportasi tradisonal ojek dan becak. Untuk itu Ahmad meminta PT. KAI Daops 9 Jember, menyediakan tempat khusus bagi jasa transportasi tradisional ojek dan becak.

Sementara manajer hukum dan humas PT. KAI Daop 9 Jember Lukman Arif menjelaskan, dalam rencana pengembangan kawasan stasiun kereta api Jember, pihaknya tetap akan menyediakan tempat khusus untuk transportasi tradisional seperti ojek dan becak. Sebab selain untuk menjaga tradisi lama, dengan tersedianya semua jenis transportasi, dapat memberikan pilihan kepada penumpang untuk memilih transportasi yang diinginkan.

Lebih jauh Lukman menjelaskan, rencana pengembangan kawasan stasiun PT. KAI Daop 9 Jember, salah satunya dengan membuat sarana transportasi terpadu. Sehingga selain pembangunan kawasan khusus transportasi tradisional, juga akan dibangun kawasan taxi, angkot, dan halte bus.

(414 views)