Gubernur Diminta Segera Mengambil Langkah Strategis Atasi Kondisi Jember

DPRD Jawa Timur akan segera menjembatani pertemuan antara DPRD Jember, bupati Jember dan gubernur Jawa Timur selaku perwakilan pemerintah pusat. Hal ini dilakukan karena suhu politik antara DPRD dan bupati Jember terus memanas, sehingga gubernur dinilai harus segera melakukan langkah strategis.

Hal ini disampaikan ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim, usai menemui pimpinan DPRD Jember Selasa siang. Menurut Halim, gubernur harus segera melakukan langkah konkrit dan strategis, agar kebersamaan legislatif dan eksekutif yang cukup baik di tingkat propinsi bisa ditulaskan ke seluruh kabupaten dan kota.

Selama ini di propinsi, segala sesuatu yang harus di bicarakan bersama antara legislatif dan eksekutif, tidak ada yang tidak dibicarakan sehingga kondusifitas politik bisa terjaga. Halim juga mengingatkan pertumbuhan ekonomi hanya akan terjadi jika kondusifitas politik terjaga. Dan kunci dari kondusifitas tersebut adalah sinergi antara eksekutif dan legislatif.

Untuk persoalan di kabupaten Jember Halim menilai, belum ada pemahaman yang sama antara eksekutif dengan legislatif. Untuk itu gubernur harus mengambil langkah strategis, memediasi DPRD dengan bupati Jember.

Pimpinan DPRD Jember menemui ketua DPRD propinsi Jawa Timur, untuk mengkonsultasikan sejumlah persoalan. Diantaranya terlambatnya pembahasan evaluasi gubernur terhadap APBD 2017, pengangkatan Plt Sekkab dan pergantian sekretaris DPRD.

(1.051 views)