4 Jembatan Putus Dan Ratusan Rumah Di 4 Kecamatan Tergenang Banjir

Hujan deras yang terjadi sejak Senin siang hingga sore, menyebabkan 4 jembatan putus, ratusan rumah tergenang dan belasan hektar area pertanian di 4 kecamatan rusak.

Kepala bagian kedaruratan dan logistik BPBD Jember Heru Widagdo menerangkan, hujan deras yang terjadi selama 4 jam lebih menyebabkan sungai di 4 kecamatan meluap.

Akibat kejadian tersebut 52 rumah di kelurahan Patrang tergenang air. Sementara di desa Kemuning Lor kecamatan Arjasa dan desa Panduman kecamatan Jelbuk, hujan menyebabkan terjadinya longsor. Akibatnya selain sebuah rumah rusak berat, akses jalan utama desa Panduman tertutup.

Heru menilai dampak terparah terjadi di desa Sumber Salak kecamatan Ledokombo. Hujan yang terjadi selama dua jam menyebabkan terjadinya banjir lahar dingin dari gunung raung. Akibat peristiwa ini tercatat 6 rumah dan sebuah gedung SD Sumbersalak 2 rusak, 10 hektar lahan pertanian terendam lahar dingin serta 2 jembatan terputus.

Lebih jauh Heru menjelaskan, meskipun hujan terjadi dalam waktu beberapa jam namun secara kuantitas bencana ini merupakan bencana dengan dampak terluas selama musim hujan ini. Untuk itu Heru menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk siap siaga. Sebab berdasarkan prediksi BMKG, hari ini akan turun hujan disertai pertir dan angin.

(471 views)