Nasdem Dan Hanura Lakukan Aksi Walkout

5 orang anggota DPRD Jember dari Fraksi Nasdem dan 3 orang legislator partai Hanura, melakukan aksi walkout dari paripurna persetujuan hak interpelasi Kamis siang. Mereka menilai agenda paripurna tidak sesuai dengan undangan yang disampaikan kepada seluruh anggota dewan.

Sejak rapat paripurna dibuka oleh ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, sudah diawali dengan hujan interupsi. Diawali oleh anggota Fraksi Nasdem David Handoko Seto, yang menyatakan tidak sepakat jika paripurna hari ini memiliki 4 agenda pembahasan. Sebab dalam undangan hanya terdapat 2 agenda terkait usulan interplasi dan perubahan alat kelengkapan dewan.

Sedangkan agenda pandangan umum fraksi dan jawaban oleh pengusul interpelasi, tidak termasuk dalam agenda. Karena itu Nasdem dan Hanura menilai paripurna DPRD Jember inkonstitusional, sehingga Nasdem dan Hanura memilih walkout, sebagai bentuk ketegasan sikap partai.

Sementara wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi ketika dikonfirmasi menjelaskan, rundown rapat paripurna hari ini merupakan hasil keputusan rapat Banmus, yang sudah disepakati bersama. Sehingga Ayub menilai sangat aneh jika masih dipersoalkan saat ini. Mestinya jika ada usulan disampaikan dalam rapat Banmus lalu, apalagi sebagian besar anggota dewan yang walkout juga masuk sebagai anggota Banmus yang hadir dan ikut menyetujui. Rapat paripurna kemudian dilanjutkan dengan 4 agenda pembahasan sesuai keputusan Banmus, karena jumlah anggota dewan yang hadir masih quorum.

(472 views)