Ratusan Petani Curahnongko Demo BPN Jember

Ratusan petani Curahnongko Rabu siang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Badan Pertahanan Nasional Jember. Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Dukung Perjuangan Wartani Curahnongko ini menuntut BPN tidak main-main dalam proses redistribusi tanah Curahnongko.

Koordinator aksi Yateni menjelaskan, selama ini BPN terkesan main-main dalam mengawal redistribusi tanah Curahnongko. Sebab beberapa kali melakukan survei lapangan, BPN  tidak pernah melibatkan pihak yang bersengketa. Bahkan pemberitahuan terhadap aparat setempatpun  juga tidak pernah ada.

Dengan tidak melibatkan Wartani, BPN dinilai hanya akan menimbulkan konflik horizontal diantara petani setempat. Untuk itu BPN diminta melibatkan Wartani sebagai satu-satunya wadah aspirasi petani setempat dalam mengawal kasus ini.

Sementara kepala BPN Jember Koes Widarbo menjelaskan, pihaknya bukan hanya mengakui Wartani sebagai wadah satu-satunya yang ada di Curahnongko, tetapi juga berjanji akan melibatkan Wartani dalam mengawal redistribusi tanah Curahnongko.

Terkait realisasi redistribusi tanah lanjut Koes Widarbo akan dilakukan sesuai mekanisme yang ada. Menurut Koes Widarbo semua berkas telah diajukan kepada kementerian agraria, selanjutnya BPN hanya tinggal menunggu keputusannya saja.

Setelah mendengar tanggapan langsung dari kepala BPN Jember Koes Widarbo, Yateni merasa tuntutannya dalam aksi ini telah tercapai. Meski demikian pihaknya akan terus mengawal proses realisasi redistribusi tanah Curangnongko sampai tuntas.

(490 views)