DPRD Jember Selasa Siang Gelar Rapat Banmus Untuk Agendakan Paripurna Interpelasi

Usulan interplasi terhadap bupati hari ini sudah diterima oleh pimpinan DPRD Jember. Selanjutnya pimpinan DPRD akan menggelar rapat badan musyawarah Selasa siang, untuk menjadwalkan pelaksanaan paripurna internal.

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni Senin siang menjelaskan, ada tambahan 4 orang anggota dewan yang menandatangani surat usulan tersebut. Sehingga yang sebelumnya berjumlah 13 orang, saat disampaikan kepada pimpinan bertambah menjadi 17 orang.

Secara administrasi lanjut Thoif, jumlah tersebut sudah lebih dari cukup. Sebab secara aturan interpelasi hanya membutuhkan tanda tangan dari 7 orang anggota dewan, yang berasal dari lebih dari 1 fraksi. Sehingga pimpinan DPRD berencana menggelar rapat Banmus Selasa siang, untuk menjadwalkan rapat paripurna internal DPRD Jember.

Lebih jauh Thoif menjelaskan, rapat paripurna internal tersebut nantinya akan membahas tentang persetujuan seluruh anggota dewan, terhadap rencana interpelasi terhadap bupati. Jika memang tidak diperoleh kata sepakat dalam paripurna tersebut, bisa jadi keputusan akan diambil melalui proses voting terbuka.

Sebelumnya sejumlah anggota DPRD Jember menginisiasi penggunaan hak interpelasi terhadap bupati, atas pencopotan sekretaris DPRD Jember tanpa melalui konsultasi dengan pimpinan dewan. Padahal secara aturan baik dalam undang-undang MD3 maupun PP 18 tahun 2016, pengangkatan dan pemberhentian sekretaris dewan harus melalui proses konsultasi bersama pimpinan dewan dan seluruh ketua fraksi.

Sekretaris DPRD Jember yang sebelumnya di jabat oleh Farouq, digantikan oleh Jupriono sebagai Pelaksana Tugas. Sementara Farouq sendiri dipindah tugaskan menjadi Kasatpol PP Pemkab Jember.

(360 views)