Gaji Puluhan Ribu PNS Di Jember Tertunda

Sedikitnya 27 ribu pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Jember, belum bisa menerima gaji dan tunjangan jabatannya. Sebab hingga saat ini bupati belum melantik kepala SKPD, sebagai kuasa pengguna anggaran.

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni menjelaskan, banyak hal yang menyebabkan tertundanya gaji PNS. Diantaranya belum disahkannya APBD Jember tahun 2017. Padahal setelah dikonsultasikan kepada gubernur, APBD tersebut sudah berada di tangan eksekutif. Namun sampai Selasa siang belum diserahkan kepada DPRD lagi untuk disahkan.

Meski demikian lanjut Thoif, gubernur sudah memberikan petunjuk kepada bupati agar segera menerbitkan peraturan bupati, sebagai dasar pencairan gaji PNS. Namun Perbup tersebut juga masih belum bisa dilaksanakan, karena bupati belum melakukan pelantikan pejabat kuasa pengguna anggaran.

Thoif berharap bupati segera mencarikan solusi, agar gaji puluhan ribu PNS di Jember bisa segera dicairkan. Sebab sesungguhnya DPRD sudah berupaya melakukan percepatan pembahasan APBD, untuk menghindari kejadian seperti ini.

(727 views)