SMP Negeri 2 Jember Tunggak Biaya Pembangunan Gedung Baru Yang Sudah Diresmikan Bupati

SMP Negeri 2 Jember sampai saat ini belum bisa melunasi biaya pembangunan gedung baru miliknya, yang sudah diresmikan bupati Jember Faida beberapa waktu lalu. Total tanggungan SMP Negeri 2 kepada rekanan senilai 265 juta rupiah.

Demikian disampaikan kepala SMP Negeri 2 Jember Muhammad Subarno. Menurut Subarno, sebenarnya biaya pembangunan gedung baru tersebut merupakan tanggungan komite sekolah, yang dananya diperoleh dari wali siswa kelas 8 dan 9.

Sebab lanjut Subarno, dari kementerian pendidikan pihakanya hanya mendapatkan bantuan untuk pembangunan laboratorium saja. Sedangkan untuk ruang kelas lain yang juga bagian dari gedung baru, merupakan tanggungan komite.

Namun sejak diberlakukannya kebijakan pendidikan gratis oleh bupati, komite sekolah tidak boleh lagi menerima sumbangan dari wali murid. Sehingga saat ini dirinya masih belum tahu, dari mana mendapatkan uang untuk membayar tanggungan tersebut.

Selain memiliki tanggungan biaya pembangunan gedung baru, menurut Subarno pihak sekolah juga harus mengganti tabungan siswa, yang beberapa waktu lalu terpakai untuk menutup kekurangan biaya operasional sekolah.

Sebelumnya bupati Jember Faida beberapa bulan lalu melakukan peresmian gedung baru SMP Negeri 2 Jember. Dalam kesempatan tersebut bupati kembali menegaskan, dalam progam pendidikan gratis sekolah dilarang menerima sumbangan dalam bentuk apapun dari orang tua siswa.

(477 views)