Masyarakat Sumberejo Bersama Bank Indonesia Kembangkan Ekonomi Berbasis Wisata

Masyarakat nelayan desa Sumberejo Ambulu, saat ini tidak hanya menggantungkan hidupnya dari hasil menangkap ikan. Dengan pendampingan dari kantor perwakilan Bank Indonesia Jember, masyarakat Sumberejo mulai kembangkan ekonomi berbasis wisata.

Ketua kelompok usaha bersama lumba-lumba Suyitno menjelaskan, dengan potensi alam yang dimiliki, masyarakat nelayan Sumberejo saat ini mulai mengembangkan ekonomi berbasis wisata, dengan mendirikan usaha kuliner dan susur sungai.

Untuk menarik wisatawan agar datang ke daerahnya, masyarakat setempat seminggu sekali mengadakan karya bhakti pengembangan wisata pantai Payangan. Sehingga dari jasa yang ditawarkan kepada pengunjung saja, dalam sehari mampu memberikan keuntungan kepada masyarakat hingga 1 juta rupiah.

Kepala unit komunikasi dan koordinasi kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Gde Agus Dwijaya Kusuma menjelaskan, pembinaan yang diberikan kepada masyarakat Sumberejo diharapkan mampu memberikan tambahan penghasilan bagi warga setempat.

Bahkan untuk mendukung upaya pengembangan wisata pantai Payangan, Bank Indonesia bersama mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia, melakukan penanaman seribu pohon cemara udang di sepanjang pantai Payangan.

(283 views)