Dewan Percepat Pembahasan APBD 2017 Untuk Hindari Pemotongan DAU

DPRD Jember sepakat mempercepat pembahasan APBD 2017, untuk menyelamatkan kabupaten Jember dari sangsi pengurangan DAU. Diperkirakan APBD 2017 akan disahkan tanggal 16 Desember mendatang.

Wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, secara resmi DPRD Jember memang belum menerima surat peringatan 2 dari gubernur. Namun berdasarkan informasi di media, pekan ini surat tersebut akan dikirimkan.

Sehingga untuk menyelamatkan kepentingan masyarakat agar tidak lagi terjadi pemotongan DAU, DPRD akan melakukan pembahasan siang malam bahkan di hari libur. Jika tidak ada halangan APBD 2017 diperkirakan akan ditetapkan tanggal 16 Desember mendatang. Sehingga setelah melalui evaluasi gubernur, APBD 2017 bisa disahkan sebelum 31 Desember mendatang.

Dementara wakil bupati Jember Abdul Muqit Arief memuji langkah DPRD, yang dengan lapang dada bersedia melakukan pembahasan secara marathon, untuk mempercepat penetapan APBD 2017.

Muqit mengaku sudah berkomunikasi dengan wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi, dan diperkirakan APBD 2017 bisa tuntas tanggal 16 Desember. Muqit menghargai kerja keras DPRD untuk kepentingan semua pihak, tanpa harus saling menyalahkan.

Diberitakan sebelumnya kepala biro hukum Pemprov Jawa Timur Himawan Estu Bagio mengatakan, pekan ini gubernur Jawa Timur akan mengirimkan surat peringatan kedua kepada pemkab Jember, karena terlambat melakukan penetapan APBD 2017.

Sesuai aturan mestinya APBD ditetapkan paling lambat 30 November. SP2 ini menurut Himawan, untuk mengingatkan kembali kepada pemkab Jember, bahwa terdapat sangsi pemotongan DAU jika APBD ditetapkan diatas tanggal 31 Desember mendatang. Padahal pasca ditetapkan, APBD masih harus melalui proses evaluasi gubernur yang juga membutuhkan waktu.

(380 views)