Gubernur SP2 Bupati Jember

Gubernur Jawa Timur Sukarwo memberikan surat peringatan 2 kepada bupati Jember, atas lambatnya penetapan APBD tahun anggaran 2017. Hal ini disampaikan kepala biro hukum Pemprov Jawa Timur Himawan Estu Bagio melalui telefon selularnya Selasa siang.

Menurut Himawan, awal November lalu SP1 sudah dikirimkan kepada bupati Jember, agar penetapan APBD ditetapkan sesuai jadwal/ yakni tanggal 30 November 2016. Namun karena sampai hari ini APBD Jember tahun 2017 belum dikonsultasikan, gubernur pekan ini kembali mengirimkan surat peringatan ke 2.

Surat peringatan kedua ini lanjut Himawan, untuk mengingatkan kembali kepada bupati bahwa ada sangsi pemotongan DAU jika sampai melebihi tanggal 31 Desember. Namun yang menjadi persoalan sebenarnya menurut Himawan bukan hanya masalah pemotongan DAU. Tetapi jika sampai terlambat, menunjukkan bahwa bupati tidak bisa mengurus pemerintahan dengan baik.

Lebih jauh Himawan menjelaskan, mestinya bupati sudah mengatahui regulasi administrasi pemerintahan. Sehingga agar tidak terjadi keterlambatan, mestinya sudah bisa dihitung tahapan pembahasan yang harus dilakukan.

(464 views)