Pengadilan Negeri Jember Luncurkan Aplikasi Audio To Text Recording Atau ATR

Untuk mempercepat pembuatan berita acara persidangan dan putusan, pengadilan negeri Jember Kamis pagi meluncurkan aplikasi audio to text recording atau ATR. Aplikasi ini mampu mencatat keterangan saksi dan terdakwa dengan lebih akurat.

Ketua pengadilan negeri Jember Bambang Heri Mulyono menjelaskan, waktu pengurusan administrasi pengadilan sejauh ini masih tergolong lama, karena semuanya masih harus dilakukan secara manual dengan jumlah SDM yang juga sangat terbatas.

namun dengan adanya aplikasi ATR ini Bambang yakin bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih cepat. Sebab ATR mampu mengkonversikan suara dalam persidangan langsung ke bentuk teks. Bahkan lanjut Bambang, ATR juga mampu mengkonversi rekaman video dalam bentuk teks.

Lebih jauh Bambang menerangkan, sejauh ini di Jawa Timur hanya ada 3 pengadilan negeri yang menerapkan aplikasi ATR. Selain Jember ATR juga diterapkan di pengadilan negeri Sidoarjo dan Kepanjen. Tidak menutup kemungkinan kedepan aplikasi ATR ini juga akan diterapkan di semua negeri seluruh Indonesia.

(308 views)