Finalisasi P-APBD Kembali Berjalan Alot

Badan Anggaran DPRD Jember Selasa siang kembali menolak membahas perubahan APBD 2016, karena tim anggaran yang hadir bukan tim anggaran terdahulu. Padahal dalam undangan yang dilayangkan jelas menyebutkan, agar pemkab Jember menghadirkan tim anggaran formasi lama.

Anggota Badan Anggaran DPRD Jember dari fraksi Gerindra Siswono mengatakan, persoalan semacam ini timbul akibat buruknya komunikasi antara eksekutif dan legislatif. Semestinya persoalan ini bisa dikomunikasikan dengan baik, dan tidak sampai mencuat kepada publik.

Siswono meminta tim anggaran eksekutif tidak memaksakan diri, karena keputusan yang diambil badan anggaran ini merupakan jalan tengah  setelah berkonsultasi dengan kepala biro hukum pemprov Jawa Timur agar P-APBD tidak terhambat.

Sementara anggota badan anggaran DPRD Jember dari fraksi Nasdem Budi Wicaksono berpendapat, sebaiknya finalisasi P-APBD tetap dilanjutkan dengan tim anggaran eksekutif yang sudah hadir. Sebab dalam SK bupati, formasi tim anggaran yang ditunjuk hanya menyebutkan jabatan tanpa menyebutkan nama personal.

Ketua tim anggaran eksekutif Bambang Hariono sempat meminta skorsing hingga dua kali untuk berkoordinasi. Namun dari hasil koordinasi tersebut tim anggaran bersikukuh meminta badan anggaran melanjutkan finalisasi, dengan formasi tim anggaran yang ada. Meski personil tim anggaran yang baru tidak diberikan hak untuk bicara.

(293 views)