Pungli Disinyalir Menjadi Kendala Pemasangan Baru Aliran Listrik

Anggota Komisi 7 DPR RI Bambang Hariadi menilai, 15 persen masyarakat Jember belum menikmati layanan aliran listrik akibat maraknya praktik pungli.

Kepada sejumlah wartawan Bambang mengaku sudah menerima keluhan dari beberapa warga Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, yang mengaku sudah membayar biaya pasang baru senilai satu juta lebih, tetapi sampai saat ini aliran listrik belum terpasang.

Namun di lokasi yang sama ada beberapa rumah yang sudah terpasang aliran listrik, namun dengan biaya sampai 4 juta rupiah. Praktik pungli seperti inilah yang menurut bambang harus di tindak tegas. Untuk itu dirinya akan berkomunikasi dengan Manajemen PLN Jember dan Jawa Timur, terkait persoalan ini.

Sementara HUMAS PLN Ade Dewanto saat dikonfirmasi melalui telefon selularnya, mengaku sudah melayani seluruh permohonan pemasangan baru di Kecamatan Silo. Namun jika memang masih ada yang belum terpasang, kemungkinan karena masih ada kendala seperti lokasi geografis, atau warga memang belum membayar biaya pasang.

Sebab lanjut Ade, sebelumnya banyak warga yang datang ke PLN mengaku sudah membayar biaya pasang baru dengan membawa kuitansi, ternyata setelah di kroscek ternyata pihaknya belum pernah menerima pembayaran tersebut.

Sigit

(436 views)