Penyerapan Dana Bantuan Hukum PEMPROV JATIM Masih Minim

Minimnya pemahaman masyarakat terhadap bantuan hukum bagi masyarakat miskin, menjadi salah satu penyebab minimnya penyerapan anggaran tersebut. Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jember Miftahul Ulum, dalam sosialisasi dana bantuan hukum di Hotel Aston rabu siang.

Menurut Ulum, Pemerintah Propinsi Jawa Timur sudah mengalokasikan anggaran senilai 1 milyar rupiah di tahun 2016, untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat miskin. Namun sejah ini baru terserap 10 persen saja.

Selain minimnya pemahaman masyarakat, ternyata bantuan hukum yang disiapkan PEMPROV kurang diminati oleh lembaga-lembaga bantuan hukum. Sebab nominal 5 juta rupiah untuk setiap kasus seperti peraturan pemerintah, dinilai terlalu rendah.

Untuk itu lanjut Ulum, dalam masa resesnya saat ini dirinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait dana bantuan hukum yang disediakan Pemerintah Propinsi. Masyarakat yang akan mengakses dana tersebut bisa melakukannya melalui lembaga bantuan hukum yang ada di tiap-tiap daerah.

Sigit

(588 views)