Bupati Nyatakan Dana BANSOS Tidak Bisa Dicairkan Karena Tidak Dilengkapi Proposal

Sebagian besar dana bantuan sosial tidak bisa dicairkan, karena tidak dilengkapi dengan proposal. Demikian disampaikan Bupati Jember Faida kepada sejumlah wartawan.

Menurut Faida, lemahnya penyerapan anggaran salah satunya yang terbesar adalah dana bantuan sosial termasuk milik dewan, karena tidak dilengkapi dengan proposal. Sebagian sisanya merupakan bantuan sosial yang diberikan secara berulang, dimana dalam peraturan MENDAGRI yang baru hal ini tidak diperbolehkan.

Pada prinsipnya lanjut Faida, PEMKAB Jember tidak ingin menabrak aturan yang ada. Sehingga hanya sebagian saja bantuan sosial yang bisa dicairkan, karena memang sudah memenuhi semua persyaratan.

Selain dana BANSOS, menuut Faida banyak progam dari pusat dengan anggaran yang cukup besar, baru turun setelah APBD di sahkan. Sehingga progam tersebut baru bisa dilaksanakan setelah pembahasan perubahan APBD. Terkait target penyerapan anggaran hingga akhir tahun, Faida mengakumasih melakukan evaluasi, yang diperkirakan dalam waktu satu atau dua hari kedepan, baru bisa diketahui beapa kemampuan PEMKAB untuk menyerap anggaran.

Sigit

(296 views)