Akibat Kelalaian POKJA Pengadaan Penerangan Jalan Umum Akhirnya Dibatalkan

Akibat kelalaian POKJA pengadaan penerangan jalan umum, proyek Dinas PU Cipta Karya senilai 15 milyar rupiah ini akhirnya dibatalkan. Hal ini diketahui setelah Komisi A DPRD Jember melakukan klarifikasi ke Dinas PU Cipta Karya kamis siang.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Jember Lukman Winarno ketika dikonfirmasi pertelfon menerangkan, setelah dilakukan klarifikasi POKJa menilai semua proses sudah dilakukan sesuai prosedur, hingga menghasilkan satu orang pemenang dengan nilai penawaran 11 milyar rupiah.
Namun pasca diumumkannya nama pemenang muncul sanggahan dari peserta lelang lainnya, dengan alasan spesifikasi yang dicantumkan pemenang tidak sesuai spesifikasi persyaratan. Hingga akhirnya hanya ada dua pilihan, di batalkan atau dilakukan tender ulang.
Dengan pertimbangan mepetnya waktu sehingga tidak mungkin dilakukan re-tender, maka pejabat pembuat komitmen atau PPK, memeberikan catatan kepada kuasa pengguna anggaran, agar proyek tersebut dibatalkan.
Lukman menyayangkan kelalaian yang dilakukan Dinas PU Cipta Karya ini. Seharusnya ketidaksesuaian spesifikasi persyaratan bisa dideteksi sejak awal, sehingga tidak muncul disaat pemenang tender sudah diputuskan.
Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PU Cipta Karya Merwin Lusiani ketika dikonfirmasi sebelumnya, optimis proyek pengadaan 1500 titik PJU bisa tuntas sebelum akhir tahun anggaran 2016.

Sigit

(334 views)