Sampai Saat Ini Proses Verifikasi Data Guru Ngaji Belum Tuntas

Meski sudah memberikan deadline waktu hingga akhir September lalu, proses verifikasi guru ngaji yang dilakukan bagian kesejahteraan rakyat PEMKAB Jember, hingga saat ini masih belum tuntas.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief ketika dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini verifikasi data masih dalam proses. Namun berapa jumlah sementara yang sudah masuk, Muqit mengaku belum mendapat laporan dari bagian KESRA.

Pemkab Jember lanjut Muqit, tidak menargetkan kapan tunjangan kesejahteraan guru ngaji tersebut bisa dicairkan. Namun yang pasti pencairan akan dilakukan setel;ah semua data guru ngaji sudah terverifikasi dengan benar.

Sementara Kepala bagian KESRA Pemkab Jember Imam Bukhori ketika dikonfirmasi melalui telefon selularnya, mengakui proses verifikasi data guru ngaji sampai saat ini masih belum rampung. Seluruh petugas dilapangan saat ini masih terus melakukan verifikasi, yang memang prosesnya cukup rumit.

Agar tidak ada guru ngaji yang tertinggal menurut Imam, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada guru ngaji untuk memenuhi persyaratan. Meski tidak memberikan batas waktu, Imam memastikan verifikasi bisa selesai sebelum akhir tahun anggaran.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah guru ngaji menyatakan keberatan jika PEMKAB mengharuskannya membuat proposal permohonan. Sebab di tahun-tahun sebelumnya, tunjangan kesejahteraan ini diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk penghargaan kepada guru ngaji.

Namun dengan perubahan mekanisme harus mengajukan proposal permohonan, sejumlah guru ngaji merasa PEMKAB Jember menempatkan guru ngaji layaknya peminta-minta.

Sigit

(332 views)