Bank Indonesia Akan Luncurkan Sistem Non Tunai Untuk Penyaluran BANSOS

Bank Indonesia dalam waktu dekat akan meluncurkan Sistem Pembayaran Non Tunai, untuk penyaluran semua jenis bantuan sosial, baik yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Menurut DEPUTI Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pusat Ricky Satria, peluncuran pertama sistem non tunai untuk BANSOS ini akan dilakukan di Jogjakarta, yang kemudian berlanjut ke daerah-daerah lain. Untuk itu Ricky minta mulai saat ini pemerintah daerah sudah mempersiapkan diri.

Penggunaan sistem non tunai bisa digunakan untuk Progam Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar bahkan bantuan kepada guru ngaji. Ricky mencontohkan Kartu Indonesia Pintar, bisa dibelanjakan oleh Siswa di Koperasi Sekolah, ataupun Toko-toko yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah setempat.

Ricky berharap Pemerintah di tingkat Daerah, sejak dini sudah mulai mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan, maupun menjalin kerjasama dengan Lembaga Swasta termasuk Perbankan, untuk mendukung progam tersebut. Bank Indonesia menargetkan di tahun 2019 mendatang, progam ini bisa direalisasikan di 75 persen wilayah Indonesia.

Sigit

(424 views)