Disperindag Pastikan Tidak Pernah Keluarkan Ijin Penjualan Miras Kecuali Untuk Hotel Aston

Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Jember tidak akan mengeluarkan ijin penjualan minuman keras sebelum adanya peraturan daerah tentang minuman keras. Sehingga bisa dipastikan sampai saat ini hanya Hotel Aston yang memiliki ijin, yang dikeluarkan tahun 2013 lalu.

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Anas Ma’ruf dalam hearing bersama Komisi B DPRD Jember, mengaku baru 1 kali mengeluarkan ijin minuman keras untuk tempat hiburan malam pada tahun 2013 lalu. Ijin itupun dikeluarkan karena pengurusannya menjadi satu paket dengan pendirian hotel dan tempat hiburan malam untuk tipe A dan tipe B, yakni miras dengan kadar alkohol rendah dan menengah.

Namun sejak keluarnya peraturan menteri yang mengatur bahwa kewenangan pemberian ijin menjadi kewenangan pemerintah daerah, disperindag tidak pernah mengeluarkan ijin penjualan miras, karena Kebupaten Jember belum mempunyai peraturan daerah tentang minuman keras, .

Sementara Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri menilai, berdasarkan keterangan dari disperindag tersebut, penjualan minuman keras di seluruh tempat hiburan malam dinilai illegal dan harus ditertibkan. Sebab ijin yg dimiliki oleh sejumlah tempat hiburan malam selama ini kecuali Aston, hanyalah ijin dari supliyer perusahaan minuman keras, tetapi bukan ijin penjualan dari pemerintah setempat.

Sigit

(338 views)