Pemkab Jember Terlambat Ajukan KUA PPAS P-APBD 2016

Hingga hari ini Pemkab Jember belum juga mengajukan KUA-PPAS dan Perubahan APBD tahun 2016. Padahal sesuai jadwal dalam peraturan perundang-undangan, KUA-PPAS dan Perubahan APBD, mestinya sudah masuk ke DPRD Jember sejak bulan Agustus lalu.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi, mestinya KUA PPAS dan P-APBD, sudah diserahkan ke DPRD Jember bulan Agustus lalu. Sehingga setelah dilakukan pembahasan, awal September sudah bisa di sahkan dan dilaksanakan. Jika baru bulan Oktober diajukan oleh pemkab, bisa jadi awal November P-APBD bisa disahkan. Dengan demikian praktis waktu yang tersisa untuk melaksanakannya maksimal hanya tinggal 1 bulan.

Ayub khawatir keterlambatan ini menghambat progam pembangunan di Kabupaten Jember, khususnya pembangunan fisik yang masih membutuhkan proses lelang. Akibatnya rekanan tidak akan berani mengambil resiko mengambil proyek tersebut, sehingga yang terserap hanya anggaran untuk kebutuhan rutin saja.

Agar tidak tertunda terlalu lama Ayub berharap, Pemkab Jember segera mengajukan KUAPPAS APBD 2016. Sebab akan terjadi banyak perubahan anggaran yang harus dibahas, seiring dengan penundaan pencairan DAU Kabupaten Jember oleh pemerintah pusat. Belum lagi persiapan pembahasan APBD 2017, yang juga di kejar waktu untuk menghindari sangsi finalty dari pusat.

Sigit

(449 views)