Sidak Hewan Qurban Disperikel Temukan Sejumlah Hewan Belum Layak Potong

Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jember, menemukan sejumlah hewan qurban, yang belum layak potong. Hal ini di temukan ketika Disperikel melakukan sidak hewan qurban di sejumlah titik pedagang hewan Kamis siang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Siti Nurul Hayati menjelaskan, ketika pihaknya melakukan sidak di Kawasan Tegal Besar, tim menemukan beberapa sapi dan kambing belum layak potong. Padahal hewan qurban baru dinyatakan layak, jika kambing sudah berusia minimal 1 tahun, atau berusia 2 tahun untuk jenis sapi.

Atas temuan tersebut Disperikel menyarankan kepada pemilik lapak hewan qurban, untuk menunda penjualan, sampai hewan tersebut mencapai usia minimal untuk di qurbankan.

Dalam sidak hewan qurban kali ini, Disperikel membentuk 2 tim yang bergerak secara serentak, menuju di beberapa titik penjualan hewan qurban. Diantaranta di kawasan Patrang, Sumbersari dan Kaliwates.

Rencananya saat Idul Adha nanti, Disperikel akan kembali melakukan sidak, dengan tujuan untuk memeriksa kelayakan konsumsi daging qurban, sebelum di bagikan kepada masyarakat yang ber hak.

Alif,adv

(349 views)