Terkait Sangsi Dugaan Plagiasi, Rektorat Unmuh Berkoordinasi Dengan Badan Pembina Harian

Terkait dugaan plagiasi naskah akademik Raperda SOTK, pihak Rektorat Universitas Muhammadiyah Jember akan berkoordinasi dengan Badan Pembina Harian, yang memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sangsi kepegawaian.

Wakil Rektor Universitas Muhammaddiyah Jember Sulistyo Adi Winarto mengatakan, memang secara kelembagaan pihak rektorat bisa langsung menjatuhkan sangsi. Tetapi karena menyangkut kredibilitas Unmuh secara kelembagaan, maka pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Badan Pembina Harian.

Namun tentu saja lanjut Adi, sebelumnya akan dilakukan klaridikasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan. Jika memang sudah jelas-jelas terjadi pelanggaran terhadap lembaga, baru akan melangkah ke tahap penjatuhan sangsi kepegawaian.

Sebelumnya DPRD Jember mengungkap dugaan plagiasi naskah akademik Raperda SOTK, yang disusun oleh Pemkab bekerjasama dengan Universitas Muhammaddiyah Jember. Namun pihak Unmuh membantah terlibat dalam pembuatan naskah akademik Raperda SOTK.

Sebab menurut Wakil Rektor Unmuh, selama ini tidak pernah ada perjanjian atau MOU apapun dengan Pemkab, khususnya terkait pembuatan naskah akademik Raperda SOTK.

Sigit

(278 views)