DPRD Dorong Pemkab Mulai Gunakan Sistem E-Budgeting Dalam APBD 2017

DPRD Jember mendorong Pemkab untuk melaksanakan sistem e-budgeting, untuk penggunaan APBD 2017 mendatang. Hal ini sesuai dengan harapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, dalam kunjungannya di Sidoarjo Kamis pekan lalu.

Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, dalam acara peresmian sejumlah progam kepolisian berbasis IT, yang dihadiri kapolri dan menpan di Sidoarjo beberapa waktu lalu, menpas menegaskan 2 tugas utama yang diberikan presiden kepadanya.

Pertama terkait peningkatan SDM PNS, yang sejauh ini 60 persen diantaranya hanya memiliki kemampuan birokrasi. Dan yang kedua keterbukaan publik untuk penggunaan uang rakyat. Seharusnya menurut menpan, saat ini pemerintah daerah sudah harus melaksanakan sistem e-budgeting.

Kaena itu lanjut Ayub, DPRD Jember akan mendorong Pemkab melakukan e-budgeting, dalam pelaksanaan APBD 2017 mendatang. Karena anggaran yang digunakan merupakan uang rakyat, sehingga sudah sewajarnya rakyat juga berhak mengetahui agar bisa melakukan pengawasan.

Ketika disinggung kesiapan dewan sendiri terkait keterbukaan informasi publik Ayub menjelaskan, sejak awal dirinya sudah menyatakan di sejumlah media, pembahasan P-APBD maupun APBD 2017 nanti terbuka untuk umum.

Ayub mempersilahkan siapapun untuk datang melihat mekanisme pembahasan anggaran di dewan, karena memang menjadi hak masyarakat untuk mengawasi. Dengan demikian Ayub berharap masyarakat benar-benar memahami mekanisme pembahasan anggaran, bukan hanya berstatemen di medsos yang justru menimbulkan prasangka negatif di masyarakat.

Sigit

(335 views)