Naskah Akademik SOTK Berpotensi Kembali Di Tolak

Naskah akademik Raperda SOTK atau Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah yang diajukan Pemkab Jember, berpotensi kembali akan mendapat penolakan dari DPRD Jember. Hal ini diketahui setelah pimpinan DPRD Jember berkonsultasi ke Mendagri, terkait penyusunan Perda SOTK ke Mendagri Rabu kemrin.

Wakil Ketua DPRD Jember Nyoman Martini menjelaskan, setelah dirinya bersama 3 orang pimpinan dewan konsultasi ke Mendagri, dijelaskan bahwa penyusunan naskah akademik perda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah atau PSPD, harus sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016. Bahkan sistematika penyusunannya pun harus merujuk pada PP 12 tahun 2011.

Sementara dari naskah akademik yang diterima DPRD Jember, dinilainya masih banyak yang tidak sesuai. Martini mencontohkan penentuan Kabupaten Jember masuk kategori A, tanpa menyebutkan variable yang digunakan untuk penentuan tersebut. Martini khawatir jika dilanjutkan, Perda yang akan disahkan nantinya justru cacat hukum.

Meski demikian lanjut Martini, hari ini pimpinan DPRD Jember akan melakukan kajian bersama staf ahli, terhadap naskah akademik yang diajukan eksekutif. Sehingga jika memang ada kekurangan, akan dijelaskan apa saja yang harus dipenuhi. Namun jika ternyata hasil kajian nanti memang sudah sesuai, maka akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Sigit

(423 views)