Dana Silpa Dipastikan Cukup Untuk Membayar Tunjangan Prestasi Pendidik

Dinas Pendidikan pastikan tidak mengalami kesulitan untuk membayar tunjangan prestasi pendidik, meskipun pemerintah pusat membatalkan tranfer Tpp ke daerah. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Jember Subadri Habib, dalam hearing bersama Komisi D DPRD Jember Kamis siang.

Menurut Subadri, kebutuhan anggaran TPP Kabupaten Jember untuk tri wulan ketiga dan keempat sebesar 214 milyar rupiah. Meski pemerintah pusat membatalkan transfer ke daerah, kebutuhan tersebut bisa di tutup dengan dana Silpa.

Silpa yang dimiliki Kabupaten Jember sebesar 250 milyar rupiah, yang merupakan akumulasi sisa dana TPP yang tidak bisa dicairkan, sejak tahun 2011 lalu karena beberapa alasan, diantaranya penerima sudah meninggal dunia atau kekurangan jam mengajar. Untuk itu Subadri minta guru penerima TPP tidak perlu resah, karena dana tersebut akan dibayarkan tetap waktu.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember Mohammad Hafidi, mengaku kaget dengan Silpa yang bersumber dari dana TPP sebesar 250 milyar. Sebab selama ini Komisi D memang tidak pernah mendapat laporan, jika terdapat dana Silpa sebesar itu.

Komisi D lanjut Hafidi, merasa sedikit lega dengan informasi ini. Setidaknya guru penerima TPP tidak perlu resah lagi, karena alokasi anggaran untuk pembayara TPP tri wulan ke tiga dan keempat dipastikan sudah tersedia.

Diberitakan sebelumnya, setelah melakukan penundaan DAU Kabupaten Jember senilai 247 milyar rupiah lebih, pemerintah pusat kembali mengeluarkan keputusan pembatalan pencairan dana TPP ke daerah. Untuk Jember sendiri dana TPP yang dibatalkan senilai 214 milyar rupiah.

Sigit

(408 views)