Pemkab Di Dorong Untuk Lakukan Proteksi Pasar Untuk Selamatkan Produk Lokal

Komisi C DPRD Jember, mendesak Pemkab untuk mendorong agar produk yang dihasilkan Badan Usaha Milik Daerah, mampu bersaing di pasaran. Bahkan jika perlu harus dilakukan proteksi pasar yang tidak berlebihan.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jember Anang Murwanto mengatakan, sebagai pemilik dari Badan Usaha Milik Daerah, Pemkab harus ikut bertanggung jawab meningkatkan kualitas BUMD, yang pada akhirnya mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor bisnisnya.

Legislatif lanjut Anang, akan terus menyuarakan agar potensi pasar yang ada, tidak di dominasi produk swasta yang bukan milik pemerintah daerah. Bahkan jika perlu Pemkab bisa melakukan proteksi pasar. Walaupun BUMD sendiri tidak boleh hanya mengandalakan regulasi dan proteksi dari pemerintah.

Lebih jauh Anang menjalaskan, meski Pemkab bisa melakukan proteksi pasar terhadap produk lokal, bukan berarti Pemkab boleh melakukan proteksi berlebihan. Proteksi yang dilakukan tentu saja tidak mematikan produk-produk milik swasta, tetapi dalam arti meningkatkan kemampuan daya saing produk BUMD.

Sigit

(288 views)