Pemkab Jember Kekurangan Tenaga Akuntan

Pemkab jember mengalami kekurangan tenaga akuntan. Hal ini disampaikan kepala badan pengelolaan keuangan dan aset pemkab jember Ita Puri Handari, di hadapan komisi C DPRD jember beberapa waktu lalu.
Menurut Ita, dengan keterbatasan tenaga akuntan yang dimiliki pemkab jember, pihaknya harus terus memberikan bimbingan tehnis kepada semua SKPD, serta didampingi tim asistensi dari badan pengawas keuangan dan pembangunan.
Sebab lanjut Ita, sejak tahun 2015 lalu pemkab jember sudah menerabkan sistem akutansi berbasis “akrual”, yang bukan hanya mencatat pembelanjaan, tetapi juga disandingkan dengan pemasukan. sehingga pelaporan menjadi lebih komplek dan akurat atas kondisi keuangan sebuah organisasi.
Sementara wakil ketua komisi c dprd jember anang murwanto berharap, jumlah sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akutansi berbasis akrual, menjadi perhatian khusus pemkab jember. Sebab dari pengamatannya,tidak semua akuntan mampu mengikuti sistem akutansi berbasis akrual, meski sudah ada pendampingan dari bpkp.
SIGIT

(279 views)