Dishutbun Diminta Sosialisasikan Agar Tahun Ini Petani Tidak Tanam Tembakau.

Komisi B DPRD Jember minta dinas kehutanan dan perkebunan, memberikan sosialisasi kepada petani agar tahun ini tidak menanam tembakau terlebih dahulu. Sebab dengan kondisi cuaca seperti saat ini, akan sulit untuk memenuhi kualitas yang diminta oleh eksportir.

Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri senin siang mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa eksportir tembakau. Menurut mereka, untuk tahun ini para eksportir tidak akan membeli tembakau filler dari petani, karena persedian di gudang masih melimpah. Eksportir hanya akan membeli tembakau dari petani yang memiliki kualitas super.

Namun lanjut Bukri, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, kualitas tembakau petani sangat sulit diharapkan. Dari pada mengalami rugi yang sangat besar, Komisi B minta Dishutbun gencar memberikan sosialisasi kepada petani, agar tahun ini tidak menanam tembakau. Mungkin di tahun 2017 nanti harga tembakau sudah membaik, baru petani dipersilahkan tanam tembakau.

Lebih jauh Bukri juga berharap komunikasi antara Dishutbun, eksportir dan petani kedepan terjalin lebih baik lagi. Sehingga tembakau yang menjadi lambang kabupaten Jember, tidak hanya sekedar lambang tapi benar-benar mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sigit

(280 views)