Progam Desa Online Terkendala SDM.

Sumberdaya manuasia menjadi salah satu kendala, dalam pengembangan progam desa online yang dilakukan pemerintah daerah dan bekerjasama dengan Universitas Jember. Demikian disampaikan wakil bupati Jember Abdul Muqit Arief.

Menurut Muqit, meski keberadaan SDM menjadi salah satu kendala di pedesaan, Pemkab Jember akan terus semangat mengembangkan progam desa online. Pada saatnya nanti menurut Muqit, harus ada beberapa SDM di desa yang siap untuk dilatih.

Sejauh ini lanjut Muqit, progam desa online yang dikembangkan bersama Univeristas Jember, baru mengcover 70 dari 200 lebih desa yang ada. Kedepan progam ini akan terus dikembangkan, sampai seluruh desa terintegrasi secara online.

Sebelumnya akhir 2015 lalu Universitas Jember sudah menyiapkan 100 orang relawan tehnologi informasi, untuk mendampingi kepala desa beserta perangkatnya, agar mampu mengoperasikan berbagai aplikasi berbasis online.

Bahkan menurut rektor Unej Mohammad Hasan, sebagai wujud peran serta perguruan tinggi, pihaknya mampu menyediakan server untuk menampung website 100 desa. Jika proham ini berhasil hasan berharap bisa diikuti oleh desa-desa yang lain.

Sigit

(310 views)