Ketua DPRD Minta Pemkab Pertimbangkan Kesejahteraan Guru Honorer

Wakil Ketua DPRD Jember kembali mengingatkan, agar Pemkab Jember benar-benar memperhatikan kesejahteraan guru honorer. Sebab selama ini gaji guru honorer menjadi tanggung jawab sekolah, yang tentu akan terimbas kebijakan pendidikan gratis.

Kepada sejumlah wartawan Thoif mengatakan, dirinya menerima informasi bahwa di setiap sekolah terdapat sekitar 15 hingga 20 orang guru honorer, yang gajinya setiap bulan menjadi beban sekolah. Bisa dibayangkan berapa ribu orang total guru honorer yang ada di Kabupaten Jember.

Jika ternyata nantinya progam pendidikan gratis benar-benar diterapkan, Thoif meminta Pemkab Jember memperhatikan kesejahteraan guru honorer. Sebab keberadaan guru honorer juga memiliki pengaruh signifikan, terhadap kualitas pendidikan di Kabupaten Jember.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Jember mendesak bupati tidak terburu-buru menerapkan kebijakan pendidikan gratis. Meski pada prinsipnya dewan sepakat dengan progam tersebut, namun harus disiapkan lebih rinci mekanismenya, dan juga sumber anggarannya. Sehinggga kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah tidak berdampak terhadap terjadinya penurunan kualitas pendidikan.

(428 views)