Dewan Pertanyakan Penggunaan Anggaran JLS Senilai 25 Milyar Rupiah

Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi mengaku belum mendapat informasi apapun, terkait progres penggunaan anggaran Jalur Lintas Selatan senilai 25 milyar rupiah, yang sudah dialokasikan dalam APBD kabupaten awal tahun anggaran lalu.

Menurut Ayub, seharusnya Pemkab Jember gerak cepat mempersiapkan diri, untuk melanjutkan proses pembangunan JLS. Sebab sesuai aturan, anggaran pembangunan JLS diperoleh dari pemerintah pusat melalui Pemprov. Sedangkan pemerintah kabupaten bertugas menyelesaikan urusan perijinan dan pembebasan lahan.

Karena itu diawal tahun anggaran sudah dialokasikan dana sebesar 25 milyar rupiah, untuk urusan yang menjadi tanggung jawab Pemkab. Namun sangat disayangkan, ketika daerah lain seperti Trenggalek sudah siap, untuk Jember sendiri belum melakukan apapun.

Diberitakan sebelumnya, mantan PJ bupati Jember yang juga Kepala Dinas PU Bina Marga Propinsi Jawa Timur Supaad, memastikan disetujuinya alokasi anggaran senilai 750 milyar rupiah, untuk pembangunan JLS di wilayah kabupaten Jember.

Dana bantuan dari Islamic Development Bank tersebut, rencananya akan digunakan untuk membangun jalan sepanjang 86 kilometer, serta dua buah jembatan. Pembangunan JLS akan dimulai awal tahun 2017 mendatang, jika persiapan yang dilakukan Pemkab Jember sudah tuntas.

(377 views)