Perusahaan Ritel Di Jember Berkomitmen Terima Produk Lokal

Sejumlah perusahaan ritel yang ada di Jember menyatakan siap menerima produk lokal, sepanjang produk lokal tersebut memenuhi standart yang sudah ditetapkan. Demikian kesimpulan dalam hearing Komisi B DPRD Jember, bersama beberapa perusahaan ritel Rabu siang.

Kepala Cabang Alfamart Anang Sandi Setiawan mengatakan, pada prinsipnya pihanya siap menerima produk hasil UMKM yang ada di kabupaten Jember. Hanya saja persoalannya selama ini, produk lokal Jember belum mampu memenuhi standart yang di tetapkan.

Untuk itu Anang meminta Disperindag ESDM Kabupaten Jember, membentuk organisasi untuk mewadahi seluruh UMKM yang ada di Jember. Tujuannya agar perusahaan ritel mudah dalam memberikan sosialisasi kepada UMKM, tentang standarisasi produk yang diinginkan. Selain itu Disperindag ESDM juga bisa menjadi penanggung jawab ketersediaan barang.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri mengatakan, pernyataan kesanggupan perusahaan ritel untuk menerima produk lokal hari ini, sudah dicatat dalam berita acara. Sehingga pihaknya akan memegang statemen tersebut sebagai sebuah komitmen.

Jika ternyata dikemudian hari masih ditemukan adanya perusahaan ritel yang menolak menerima produk lokal Jember, Komisi B merekomendasikan Disperindag ESDM mencabut ijin operasional perusahaan ritel tersebut di kabupaten Jember.

Sementara perwakilan dari Carefour mengaku sudah beberapa kali menjalin kerjasama dengan produsen beras lokal Jember. Namun sampai saat ini masih terkendala dengan sistem pembayaran, dimana produsen meminta pembayaran dilakukan 12 hari sekali, sementara kebijakan perusahaannya memberlakukan pembayaran 30 hari sekali.

(398 views)