Wabup Akui Data Lemlit IAIN Jember Lebih Valid Dibanding Data Pemkab

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arif, mengaku kaget dengan data pemetaan sosial dan geo spasial desa, yang dilakukan Tim Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, LP2M IAIN Jember, di Dusun Barat Sungai Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe.

Kepada sejumlah wartawan muqit mengatakan, data yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan IAIN Jember di Dusun Barat Sungai Rowosari, sangat detail. Sebab sampai menyentuh kebutuhan rumah tangga masing- masing penduduk.

Tidak hanya itu saja, data dengan peta ruang bumi yang dimiliki IAIN Jember, sampai mengetahui jumlah lahan yang tidak lagi dimiliki oleh warga dusun setempat. Muqit mengaku, data yang dimiliki IAIN Jember, jauh lebih valid dengan data yang dimiliki Pemkab Jember. Dia mencontohkan, data jumlah penduduk miskin di Jember saja, sampai hari ini masih terdapat perbedaan.

Untuk itulah lanjut Muqit, dirinya akan segera melakukan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran, terkait kemungkinan kerjasama riset dengan IAIN Jember.

Sementara itu Kepala LP2M Jember Muhibbin mengatakan, perlu waktu sekitar tiga bulan lamanya, untuk mendapatkan data secara detail, terkait kondisi utuh masyarakat di dusun barat sungai.

Riset yang dilakukan IAIN kata Muhibbin, menggunakan pendekatan partisipasi langsung. Dimana, masyarakat yang terlibat aktif dalam memetakan wilayahnya sendiri. Dia berharap, hasil pemetaan sosial dan geo spasial desa itu, akan terus dikembangkan dan menjadi pusat pangkalan data di masing- masing desa.

(391 views)