Pemenang Lelang Diduga Sengaja Timbun Gula Di Gudang PG Semboro

Harga gula di pasaran saat ini mencapai 17 ribu rupiah, dari harga sebelumnya hanya 11 sampai 12 ribu rupiah per kilogram. Lonjakan harga gula ini diperkirakan akibat terjadinya penimbunan gula, yang dilakukan para pemenang lelang.

Kepala Dinas Perkebunan Dan Kehutanan Pemkab Jember Masykur, dalam hearing bersama Tim Penegndali Inflasi Daerah dan DPRD Jember Senin siang mengatakan, saat ini memang menjelang musim giling dan berdekatan dengan bulan ramadhan. Sehingga kenaikan harga kebutuhan di pasar merupakan sesuatu yang wajar.

Namun khusus untuk gula, Masykur mengaku mendapat informasi adanya 1600 ton lebih gula masih berada di dalam Gudang PG Semboro. Namun Masykur mengaku tidak tahu, apa kendala yang menyebabkan gula tersebut tidak bisa keluar gudang.
Sementara Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Kabupaten Jember Yeyek Sugiarto ketika dikonfirmasi per telfon, membenarkan masih adanya stok gula di Gudang PG Semboro. Namun menurut Yeyek, gula tersebut sebenarnya sudah di lelang pada musim giling tahun lalu, dan juga sudah ada pemenang lelangnya.
Namun entah kenapa, para pemenang lelang ini tidak segera mengambil seluruh gula yang sudah dimenangkannya, tetapi diambil setiap hari secara bertahap dengan jumlah yang cukup sedikit.

(562 views)