Pemprov Jawa Timur Alokasikan Anggaran 1,5 Milyar Untuk Perawatan Jalan.

Pemprov Jawa Timur harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 1,5 milyar rupiah setiap tahun, untuk perawatan jalan propinsi di kecamatan puger. Padahal pendapatan kabupaten Jember dari sektor tambang batu kapur puger kurang dari 1 milyar rupiah pertahun.
Anggota Komisi D DPRD propinsi Jawa Timur Ahmad Hadinudin menjelaskan, kerusakan jalan propinsi di kecamatan puger akibat banyaknya truk pengangkut tambang batu kapur melebihi tonase. Jika dihitung, biaya perawatan jalan yang dikeluarkan Pemprov, jauh lebih besar dibanding pendapatan kabupaten Jember dari tambang kapur.
Untuk itu lanjut Hadi, Komisi D DPRD propinsi Jawa Timur minta kepala UPT dinas PU Bina Marga propinsi Jawa Timur yang ada di Jember, melakukan evaluasi bersama pemerintah kabupaten Jember. Setidaknya menurut Hadi, pemerintah kabupaten Jember harus memperoleh pendapatan dari sektor tambang kapur puger, jauh diatas biaya perawatan jalan yang dikeluarkan Pemprov.
Hadinudin berharap dalam waktu dekat Disperindag ESDM Jember dan propinsi Jawa Timur, duduk bersama dengan mengundang pengusaha tambang, agar pemerintah tidak dirugikan. Yang jelas menurut Hadi, pertambangan apapun harus ramah lingkungan, ramah sosial dan juga ramah P-A-D.
Sigit

(398 views)