DPRD Ancam Interpelasi Bupati Jika Tetap Memberikan Persetujuan Tambang Emas Silo.

DPRD Jember mengancam akan menggunakan hak interpelasi jika bupati Jember akan memberikan rekomendasi penerbitan ijin tambang di wilayah kecamatan Silo. Demikian disampaikan ketua DPRD Jember Thoif Zamroni Senin siang. Menurut Thoif, sikap dewan sebagai wakil rakyat tetap konsisten menolak tambang, seperti yang diinginkan masyarakat. Persoalan tambang lanjut Thoif, sebenarnya saat kepemimpinan PJ Bupati Jember Supaat sudah selesai. PJ bupati sesuai keinginan masyarakat sudah membuat pernyataan menolak tambang.

Namun karena saat ini bupati definitif sudah dilantuk, harusnya bupati segera melakukan pernyataan serupa seperti yang dibuat PJ bupati Jember terdahulu, untuk menolak aktifitas tambang di kecamatan Silo. Sebab berdasarkan informasi yang diterimanya, saat ini tambang Silo hanya tinggal menunggu persetujuan bupati Jember. Karena itulah Pansus tambang meminta bupati Jember hadir langsung untuk menagih komitment tersebut.

Lebih jauh Thoif menerangkan, jika ternyata nantinya ijn tambang di kawasan Silo tetap terbit, DPRD Jember tidak akan segan-segan menggunakan hak interpelasi maupun hak angket. Sebab tidak mungkin ijin tambang Silo bisa terbit, jika memang tidak ada persetujuan bupati.

Sigit

(386 views)