DPRD Kembali Ambil Alih Mengundang Ormas Islam Untuk Menyikapi HTI

Untuk kedua kalinya DPRD Jember mengambil alih mengundang sejumlah Ormas Islam, untuk meminta masukan terkait kegiatan Hizbut Tahrir Indonesia. Padahal dalam rapat Forkompimda sebelumnya disepakati, bupati yang akan memfasilitasi pertemuan tersebut.

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni ketika dihubungi pertelfon menjelaskan, mestinya pertemuan Forkompimda dengan sejumlah Ormas Islam dilaksanakan hari Selasa ini, yang difasilitasi oleh bupati. Namun karena sampai Selasa siang tidak ada tindaklanjut apapun dari bupati, maka DPRD berinisiatif menjadi fasilitator pertemuan tersebut.

Hari ini menurut Thoif, sekretariat DPRD sudah melayangkan undangan kepada Forkompimda, PCNU, PD Muhammadiyah, MUI dan FKUB untuk hadir dalam pertemuan di gedung dewan Rabu siang. Mengingat pentingnya acara ini, Thoif optimis bupati akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Lebih jauh Thoif menerangkan, Forkompimda memandang perlu meminta masukan dari sejumlah Ormas Islam, sebelum memutuskan untuk melarang atau mengijinkan HTI berkegiatan di Kabupaten Jember.

Persoalan ini menurut Thoif berpotensi memicu terjadinya konflik harizontal. Karena tidak ingin terjadi konflik di Kabupaten Jember inilah, DPRD Jember berinisiatif mengambil alih sebagai fasilitator agar pertemuan ini segera bisa terlaksana.

(329 views)