Tiga Siswa Kelas Lima SD, Diduga Berupaya Diselundupkan

Siswa kelas 5 SDN Kertosari 3 Kecamatan Pakusari, berupaya disusupkan mengikuti Ujian Nasional Senin pagi. Uniknya upaya menyusupkan justru dilakukan pihak sekolah. Namun upaya tersebut berhasil digagalkan salah satu wali murid sekolah tersebut.

Firman salah satu siswa kelas 5 yg diikutkan Ujian Nasional menceritakan, hari Sabtu lalu salah satu guru memintanya pulang mengambil seragam putih foto. Sebab hari itu dirinya sedang memakai seragam olahraga.

Guru tersebut juga memerintahkan dirinya masuk Senin pagi, meski sebenarnya libur. Ternyata sampai disekolah senin pagi, diminta ikut Ujian Nasional atasnama orang lain. Namun belum sempat mengerjakan soal ujian, tiba-tiba oleh kepala sekolah dirinya bersama 2 temannya yang juga masih kelas 5, diminta pulang.
Hal senada disampaikan Ketua Komite SDN Kertosari 3 Habi Khotib, yang putranya juga dimasukkan sebagai peserta UN meski masih kelas 5.
Habi juga mengaku tidak tahu bagaimana pihak sekolah melakukan kebijakan tersebut. Habi menduga hal ini dilakukan, untuk memenuhi kuota 20 orang siswa yang sudah didaftarkan, namun belakangan 3 diantaranya mengundurkan diri.

Kepala Sekolah SDN Kertosari 3 Faqih Sihabul Khoiri melalui telfon selularnya menjelaskan, memang dua hari sebelumnya ada masukan dari sejumlah guru, untuk mengganti siswa yang mundur dengan siswa kelas 5. Namun saat itu dirinya belum menjawab iya ataupun tidak.

Baru minggu malam dirinya berubah pikiran, karena takut menjadi persoalan. Sehingga dirinya memerintahkan untuk membatalkan niat tersebut, dan membiarkan 3 siswa absen. Dengan demikian lanjut Faqih, ketiga siswa kelas 5 tersebut tidak sampai mengikuti Ujian Nasional.

Secara terpisah Kabid TK-SD Dispendik Jember Ahmad Yasin ketika dikonfirmasi mengatakan, jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya sudah mengingatkan, agar sekolah tidak melakukan hal ini, karena memang secara aturan tidak dibenarkan.

Untuk persoalan yang terjadi di SDN Kertosari 3 ini Yasin mengaku belum tahu. Meski demikian secepatnya Dinas Pendidikan akan meminta klarifikasi dari kepala sekolah dan UPTD setempat.

(246 views)