Hingga Akhir April Penyerapan APBD Baru 13 Persen.

Hingga saat ini penyerapan anggaran dalam APBD 2016 masih di kisaran 13 persen. Rendahnya penyerapan anggaran tersebut akibat penyerapan alokasi dana desa yang cukup rendah, serta adanya beberapa regulasi yang mengganggu kinerja SKPD.

Hadi Sasmito kepala bidang anggaran bpkad Pemkab Jember menjelaskan, memang penyerapan sebesar 13 persen hingga akhir april merupakan angka yang cukup rendah. Rendahnya penyerapan anggaran ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya adanya perubahan kebijakan dan regulasi dari pemerintah pusat.

Hadi mencontohkan anggaran belanja tidak langsung dan dana perirmbangan yang bersumber dari dana alokasi khusus, terjadi pengurangan minimal 10 persen oleh kementerian keuangan. Akibatnya SKPD harus melakukan sejumlah penyesuaian. Sednagkan untuk SKPD yang sudah terlanjur melakukan lelang melalui ULP, dipastikan harus melakukan adendum perjanjian kerja.

Untuk membantu SKPD dalam penyerapan anggaran lanjut Hadi, tim anggaran melalui bpkad memberikan pelayanan perubahan-perubahan anggaran yang diusulkan SKPD, tentu dengan syarat diperbolehkan sesuai aturan perundangan.

Selain itu bpka juga memberikan pembinaan kepada seluruh bendahara pengeluaran SKPD, agar mereka mampu memfasilitasi agar penyerapan anggaran di SKPD masing-masing bisa lebih maksimal.

Sigit

(259 views)