Ratusan Kader HMI Jember Tuntut Saut Situmorang Mundur Dari KPK

Ratusan Kader Himpunan Mahasiswa Islam dari beberapa universitas di Jember, Senin pagi menggelar aksi unjukrasa di bundaran DPRD Jember. Mereka Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang mundur dari jabatannya.

Korlap Aksi Yogi Pratama menjelaskan, pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam dialog disebuah stasiun televisi swasta, men-genaralisir bahwa semua alumnus HMI korup. Padahal masih banyak kader HMI seperti Mahfud Md dan Anis Baswedan yang jelas-jelas tidak korup.

Pernyataan Saut ini lanjut Yogi, merupakan kesalahan fatal dan tidak seharusnya diucapkan seorang pejabat negara. Untuk itu seluruh kader HMI mendesak Saut Situmorang mundur dari jabatannya, karena dinilai mengeluarkan pernyataan tendensius dan mendiskreditkan HMI.

Sebelumnya dalam dialog bersama salah satu televisi swasta, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengeluarkan statement yang dinilai mendiskreditkan HMI. Dalam pernyataannya Saut mengatakan HMI melahirkan pejabat korup dan jahat.

Pernyataan Saut ini menimbulkan protes dari kader HMI di seluruh Indonesia. Bahkan pengurus besar HMI, dengan tegas menuntut Saut meminta maaf secara terbuka kepada HMI.

(433 views)