Sambut Hari Kebebasan Pers Internasional, PWI Bersama Bank Indonesia Gelar Nonton Film Tentang Jurnalisme

Hari Kebebasan Pers Internasional yang jatuh hari ini, diperingati dengan acara nonton bersama film tentang ekonomi dan jurnalisme. Kegiatan tersebut diselenggarakan PWI Kabupaten Jember bersama Bank Indonesia dan ratusan mahasiswa.
Menurut pengurus PWI Jember Oryza Wirawan, kegiatan nonton bareng film tentang jurnalisme tersebut untuk mensosialisasikan kepada mahasiswa, bahwa wartawan bekerja sesuai dengan kode etik dan undang- undang.
Pasca jatuhnya rezin orde baru, kebebasan untuk menyampaikan pendapat semakin terbuka. Bahkan perusahaan media tumbuh begitu pesat. Namun sayangnya ada oknum yang menyalahgunakan kebebasan tersebut.
Seperti kata Oryza, banyak orang yang kemudian mengaku sebagai wartawan namun perilakunya tidak mencerminkan sebagai seorang wartawan. Contoh melakukan pemerasan dan menjadi makelar kasus.
Sementara itu salah satu mahasiswa Abdul Munif menyambut baik, pemutaran film tentang jurnalisme dan ekonomi tersebut.
Dengan kegiatan tersebut, dia mengaku mengetahui tentang kerja- kerja jurnalis dan dampaknya terhadap pembangunan dan ekonomi.
Munif berharap kegiatan serupa terus diadakan, sehingga mahasiswa bisa memiliki pengetahuan secara utuh tentang dunia jurnalistik.

(502 views)