Pemkab Tidak Usulkan Penggabungan 3 Dinas PU Dalam Perubahan Raperda STOK.

Meski sempat muncul wacana penggabungan 3 dinas pekerjaan umum menjadi satu dinas, ternyata Pemkab Jember tidak mengajukannya dalam draft Raperda perubahan STOK yang akan dibahas dalam Prolegda 2016.

Asisten1 Pemkab Jember Sigit Akbari ketika dikonfirmasi mengatakan, ada banyak perubahan sistem organisasi tata kerja atau STOK, yang harus diubah seiring pengambilalihan kewenangan oleh pemerintah pusat dan propinsi.

Diantaranya Bakesbangpol yang diambil seluruh kewenangannya oleh pusat. Sementara pengelolaan SMA-SMK, sekolah luar biasa, terminal, dan ESDM diambil alih oleh propinsi. Namun untuk penggabungan 3 dinas pekerjaan umum yang sempat menjadi wacana, menurut Sigit tidak masuk dalam Prolegda 2016.

Lebih jauh Sigit menjelaskan, saat ini Pemkab Jember sedang melakukan pendataan terkait anggaran, jumlah personil, serta sarana dan prasarana yang akan diambil alih oleh pusat dan propinsi.
Diberitakan sebelumnya, dengan pertimbangan efisiensi muncul wacana penggabungan 3 dinas pekerjaan umum, menjadi satu dinas. Sejumlah pihak menilai hal ini perlu dilakukan’, untuk mempermudah koordinasi antara dinas PU Bina Marga, Cipta Karya dan pengairan.

Sigit

(467 views)