Legislator P3 Sukarso Akhirnya Diaktifkan Kembali Sebagai Anggota Dewan

Legislator P3 Sukarso akhirnya bisa bernafas lega. Pasca turunnya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara, Sukarso diaktifkan kembali sebagai anggota DPRD Jember periode 2014-2019. Hari ini sekretariat DPRD Jember ke Surabaya untuk mengambil SK pengaktifan kembali Sukarso.

Wakil Ketua Dprd Jember Ayub Junaedi ketika dikonfirmasi, membenarkan informasis tersebut. Menurut Ayub, Pemprov Jawa Timur beberapa waktu lalu, meminta sekretariat DPRD Jember mengambil SK pengaktifan kembali Sukarso. Dan hari ini staf sekretariat DPRD Jember sudah berada di Surabaya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya lanjut Ayub, gubernur tidak melakukan upaya hukum lain atas gugatan Sukarso. Dengan demikian, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara untuk pengaktifan kembali Sukarso sudah inkrah, atau memiliki kekuatan hukum tetap. Terhitung sejak Senin pekan depan, Sukarso sudah bisa kembali menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD Jember.

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, mengeluarkan SK penonaktifan Sukarso sebagai anggota DPRD Jember, karena tersandung persoalan hukum. Akibatnya praktis hampir dua tahun Sukarso tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai anggota dewan.

Atas surat keputusan tersebut Sukarso melakukan perlawanan, dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Dan hasilnya, Pengadilan Tata Usaha Negara memerintahkan gubernur, membatalkan SK penonaktifan Sukarso, dan mengembalikan seluruh hak-haknya sebagai anggota dewan.

(451 views)