Selain Menyangkut Privasi Personal, Semua Rapat di DPRD Akan Dilakukan Secara Terbuka.

DPRD Jember akan membahas perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah 2016, dan rencana APBD 2017 secara terbuka. Wartawan bisa ikut masuk dan meliput rapat-rapat komisi, baik yang membahas anggaran maupun menyangkut kepentingan publik.

Wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi dalam rapat bersama eksekutif mengatakan, di era Jember baru dengan semangat baru ini, semua pembahasan perubahan APBD, termasuk pembahasan kua-ppas akan dilakukan secara terbuka. Hal ini merupakan penerapan undang-undang keterbukaan informasi publik.

Menurut Ayub, rapat tertutup hanya dilakukan jika menyangkut rahasia personal, untuk melindungi privasi seseorang. Namun untuk rapat lain yang terkait kebijakan publik termasuk kebijakan anggaran, harus dilakukan secara terbuka.

Sebelumnya pembahasan KUA-PPAS dan APBD di tingkat komisi, selalu dilakukan secara tertutup. Sidang terbuka hanya dilakukan dalam sidang paripurna penetapan. Sehingga publik sulit untuk mengetahui kebijakan anggaran secara detail.

Ayub berharap kedepan keterbukaan informasi publik yang diterapkan DPRD, bisa diikuti oleh keterbukaan infomasi di lingkungan Pemkab Jember. Masyarakat boleh meminta dokumen APBD, dan pejabat tidak bisa lagi bersembunyi dengan alasan APBD merupakan dokumen negara.

Sigit

(292 views)