Persiapan Pemberangkatan Haji Terkendala Penetapan BPIH

Persiapan pemberangkatan jamaah calon haji terkendala belum turunnya peraturan presiden, terkait regulasi dan tehnis pelunasan Biaya Pelaksanaan Haji atau BPIH. Mengingat sisa waktu yang tersedia semakin sempit, diharapkan pemerintah pusat segera mengeluarkan regulasi tersebut.
Kepala Seksi Haji Dan Umroh Kantor Kementerian Agama Jember Misbahul Munir menjelaskan, saat ini regulasi tentang Biaya Perjalanan Ibadah Haji, masih dalam proses pembahasan di Komisi 8 DPR-RI. Sehingga sampai saat ini pihaknya belum mengetahui jadwal pelunasan dan besaran BPIH, yang harus di bayar oleh jamaah.
Misbahul Munir berharap, pemerintah pusat segera mengeluarkan keputusan terkait persoalan ini. Sebab waktu persiapan yang tersisa hanya tinggal 4 bulan lagi, sehingga kantor Kementerian Agama di daerah bisa segera memproses pelunasan BPIH.
Persoalan semacam ini lanjut Misbahul Munir, setiap tahun selalu menjadi beban pikiran kantor Kementerian Agama di daerah. Saat ini sambil menunggu turunnya keputusan BPIH, Kemenag mulai memproses pembuatan paspor untuk para jamaah.

(400 views)